468x60

Apa saja yang mempengaruhi perkembangan bahasa seorang anak?

Minggu, 06 Maret 2011

Pengertian singkatnya, bahasa adalah suatu media utama yang digunakan dalam berkomunikasi.Wujud bahasa yang ada sungguh bervariasi,, misalnya; bahasa Jawa, bahasa Betawi, bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Belanda, dll. Pada dasarnya bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya berupa bicara, melainkan juga dapat diwujudkan dengan tanda isyarat tangan atau anggota tubuh lain yang memiliki makna tersendiri. 

Ahli bahasa terkenal Noam Chomsky (1957) mengatakan bahwa manusia cenderung mempelajari bahasa pada waktu tertentu dan dengan cara tertentu.
Di beberapa kultur orang dewasa tak pernah bicara dengan bayi di bawah satu tahun tapi bayi ini tetap menerima masukan bahasa.

Bahasa berkembang tidak langsung sekaligus dalam satu proses melainkan melalui beberapa tahap, mulai dari bayi yang hanya bisa menangis sampai orang dewasa yang telah mampu berbicara di khalayak umum dengan struktur bahasa yang baik dan benar. 

Perkembangan bahasa tidak lepas dari pengaruh lingkungan tempat individu bertempat tinggal. Kondisi masyarakat serta reaksi sosial individu pada lingkungannya berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Seorang anak yang tinggal bersama ibunya yang penuh kasih sayang dan bertutur kata halus akan berbeda perkembangan bahasanya dengan anak yang tinggal bersama orang tua yang selalu melontarkan kata-kata kasar kepadanya.Konteks sosiokultural terus menerus memainkan suatu peranan yang penting dalam perkembangan bahasa akhir-akhir ini. Vygotsky mengemukakan bahwa peranan orang dewasa sangat penting untuk membantu perkembangan bahasa anak. Serta psikologi lain yaitu Brunner juga menekankan bahwa orang dewasa atau orang tua sangat penting unutk mengembangkan komunikasi anak . Jadi begitu besar peranan orang tua, atau guru dalam perkembangan bahasa anak, agar anak mencapai perkembangan yang optimal. Dukungan Sosial untuk Perkembangan Bahasa, dilakukan dengan cara misalnya cara seorang ibu dalam berkomunikasi dengan bayi, dengan kata-kata dan kalimat yang sederhana atau menyatakan kembali apa yang anak telah katakan kepada kita dengan linguistik yang lebih baik.


Selain faktor lingkungan dan biologis pada individu dalam perkembangan perkembangan bahasa, kognisi seorang anak juga memiliki peran dalam perkembangannya. Kognisi merupakan penalaran seorang individu dalam menaggapi suatu hal. Misalnya seorang anak mendengar ucapan “roti makan Ani” si anak tahu bahwa yang didengarnya itu merupakan struktur bahasa yang salah, seharusnya “Ani makan roti” Peran kognisi dalam perkembangan bahasa anak adalah memberikan pengetahuan yang konkret dalam penggunaan bahasa yang benar.

Perkembangan bahasa juga dapat diimplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar oleh pendidik. Bila kegiatan belajar mengajar yang diciptakan efektif, maka perkembangan bahasa anak dapat berjalan secara optimal. Tapi jika kurang efektif maka perkembangan bahasa anak akan mengalami hambatan. Untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif maka perlu bahasa yang komunikatif yang memungkinkan semua pihak terlibat dalam interaksi belajar mengajar yang dapat berperan secara aktif dan produktif.

REFERENSI:
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 06 Maret 2011

Apa saja yang mempengaruhi perkembangan bahasa seorang anak?

Diposting oleh 10081 Eva Violesia Bangun di 06.41

Pengertian singkatnya, bahasa adalah suatu media utama yang digunakan dalam berkomunikasi.Wujud bahasa yang ada sungguh bervariasi,, misalnya; bahasa Jawa, bahasa Betawi, bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Belanda, dll. Pada dasarnya bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya berupa bicara, melainkan juga dapat diwujudkan dengan tanda isyarat tangan atau anggota tubuh lain yang memiliki makna tersendiri. 

Ahli bahasa terkenal Noam Chomsky (1957) mengatakan bahwa manusia cenderung mempelajari bahasa pada waktu tertentu dan dengan cara tertentu.
Di beberapa kultur orang dewasa tak pernah bicara dengan bayi di bawah satu tahun tapi bayi ini tetap menerima masukan bahasa.

Bahasa berkembang tidak langsung sekaligus dalam satu proses melainkan melalui beberapa tahap, mulai dari bayi yang hanya bisa menangis sampai orang dewasa yang telah mampu berbicara di khalayak umum dengan struktur bahasa yang baik dan benar. 

Perkembangan bahasa tidak lepas dari pengaruh lingkungan tempat individu bertempat tinggal. Kondisi masyarakat serta reaksi sosial individu pada lingkungannya berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Seorang anak yang tinggal bersama ibunya yang penuh kasih sayang dan bertutur kata halus akan berbeda perkembangan bahasanya dengan anak yang tinggal bersama orang tua yang selalu melontarkan kata-kata kasar kepadanya.Konteks sosiokultural terus menerus memainkan suatu peranan yang penting dalam perkembangan bahasa akhir-akhir ini. Vygotsky mengemukakan bahwa peranan orang dewasa sangat penting untuk membantu perkembangan bahasa anak. Serta psikologi lain yaitu Brunner juga menekankan bahwa orang dewasa atau orang tua sangat penting unutk mengembangkan komunikasi anak . Jadi begitu besar peranan orang tua, atau guru dalam perkembangan bahasa anak, agar anak mencapai perkembangan yang optimal. Dukungan Sosial untuk Perkembangan Bahasa, dilakukan dengan cara misalnya cara seorang ibu dalam berkomunikasi dengan bayi, dengan kata-kata dan kalimat yang sederhana atau menyatakan kembali apa yang anak telah katakan kepada kita dengan linguistik yang lebih baik.


Selain faktor lingkungan dan biologis pada individu dalam perkembangan perkembangan bahasa, kognisi seorang anak juga memiliki peran dalam perkembangannya. Kognisi merupakan penalaran seorang individu dalam menaggapi suatu hal. Misalnya seorang anak mendengar ucapan “roti makan Ani” si anak tahu bahwa yang didengarnya itu merupakan struktur bahasa yang salah, seharusnya “Ani makan roti” Peran kognisi dalam perkembangan bahasa anak adalah memberikan pengetahuan yang konkret dalam penggunaan bahasa yang benar.

Perkembangan bahasa juga dapat diimplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar oleh pendidik. Bila kegiatan belajar mengajar yang diciptakan efektif, maka perkembangan bahasa anak dapat berjalan secara optimal. Tapi jika kurang efektif maka perkembangan bahasa anak akan mengalami hambatan. Untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif maka perlu bahasa yang komunikatif yang memungkinkan semua pihak terlibat dalam interaksi belajar mengajar yang dapat berperan secara aktif dan produktif.

REFERENSI:
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta

0 komentar on "Apa saja yang mempengaruhi perkembangan bahasa seorang anak?"

Posting Komentar